Rabu, 02 April 2008

05 - Buddhisme Zen

























Dari Mahakasyapa yang kemudian menjadi Patriat atau Pewaris Ajaran Zen yang pertama - ajaran ini kemudian diteruskan oleh Ananda sebagai Pewaris Ajaran berikutnya. Demikian terus berlanjut hingga ke Patriat ke 28 dalam tradisi India - Bodhidharma - yang membawa aliran Zen ini masuk ke Tiongkok.

Adalah sangat sukar mendeskripsikan Zen dengan satu deskripsi yang jelas. Bodhidharma memberikan deskripsi tentang Zen sebagai berikut ini :

A special transmission outside the scriptures
No dependance on words or letters
Direct pointing to the Essence of man
See into one's own nature and attain the Perfect Awakening

Anand Krishna menterjemahkannya secara bebas :

Tidak dapat dijelaskan lewat buku
Tidak dapat diuraikan lewat kata-kata
Hanya dapat ditunjukkan
Hanya dapat dialami

Itulah . . . . . Zen !

Di Tiongkok - Bodhidharma kemudian didaulat menjadi Patriat Pertama dalam tradisi Zen atau Chan di Tiongkok. Orang Tionghoa memberinya nama : Tamo. Bodhidharma kemudian mendirikan Biara Shaolin di Lo Yang di Gunung Suci - Gunung Song Shan di propinsi Henan, Tiongkok Selatan.Dari Bodhidharma, Zen diturunkan ke Hui Ke sebagai Patriat Tiongkok ke dua. Demikian berlanjut hingga ke Hui Neng - Patriat ke - 6 yang sangat luarbiasa. Sesudah Patriat ke - 6 ini, Zen diturunkan tidak ke satu Patriat tunggal. Hui Neng telah mendobrak tradisi dan memulai suatu tradisi baru. Tanpa Patriat tunggal - bukan berarti Zen mengalami kemunduran. Ajaran Inti yang telah diturunkan 2500 tahun yang lalu oleh sang Buddha Siddharta kepada Mahakasyapa terus berlanjut hingga hari ini. Pewaris Ajaran - seorang Patriat - sekarang ini disebut sebagai seorang Roshi dalam bahasa dan tradisi Jepang.Hingga tahun l980 an, Roshi / Master Zen seperti Shunryu Suzuki Roshi dan Taisen Deshimaru Roshi - keduanya sudah meninggal - yang mengembangkan Zen di Amerika dan Eropa sangat dikenal luas. Dan hingga hari ini pun terus bermunculan para Master Zen - pengemban dan penerus Dharma Inti Buddhisme. Sebut saja Master Shi De Cheng - pemimpin Biara Shaolin dari Generasi ke 31. Richard Clarke Roshi, John Daido Roshi, Robert Aitken roshi sebagai penerus Dharma di dunia belahan Barat. Ajaran Inti Buddhisme terus berlanjut dan siap diturunkan pada mereka yang meyakini.